Logo
images

STAND PAMERAN BIRO KEPEGAWAIAN DALAM RAPAT KERJA NASIONAL KEJAKSAAN R.I. TAHUN 2018

Seperti ingin menunjukan eksistensinya dalam melakukan perubahan, Biro Kepegawaian terus melakukan upaya untuk meningkatkan tingkat kepercayaan para pegawai Kejaksaan RI. Hal tersebut tergambar dari ikut berpartisipasinya Biro Kepegawaian dalam Pameran Inovasi yang berlangsung selama jalannya Rapat Kerja Tahunan Kejaksaan R.I. Tahun 2018 pada tanggal 27 s.d. 30 November 2018 di Grand Inna Bali.

Pada stand pameran dengan ukuran 2 x 3 meter dengan nomor urut 1 di halaman belakang Hotel Grand Inna Bali, ditampilkan beberapa dokumen capaian Biro Kepegawaian dalam rangka pembangunan zona integritas menuju WBK-WBBM, seperti : Majalah Pencanangan Zona Integritas, Buku Manajemen Kepegawaian, Buku Alumni PPPJ Terbaik, Buku Jaksa Berkarya serta beberapa brosur pelayanan kepegawaian. Selain itu pada stand juga dilengkapi dengan TV 42 inci yang menayangkan beberapa film yang menampilkan capaian Biro Kepegawaian.

Ikut berpartisipasinya Biro Kepegawaian dalam pameran inovasi pada Rakernas bukanlah tanpa alasan, dengan mengingat terdapat beberapa pelayanan inovasi yang menjadi fokus pengembangan Biro Kepegawaian saat ini, antara lain yakni pemutakhiran data kepegawaian yang memungkinkan seluruh pegawai dapat mengakses data kepegawaian yang ada pada SIMKARI melalui komputer ataupun smartphone masing-masing pegawai. Bahkan dalam paparannya, Jaksa Agung Muda Pembinaan yang memberikan materi pada peserta Rakernas menguji coba dan mempraktekaan penggunaan akses data kepegawaian pada seluruh peserta Rakernas.

Tak ayal, hal tersebut membuat para peserta Rakernas berbondong-bondong mengunjungi stand pameran Biropeg, dikarenakan pada stand diadakan pelayanan pemutakhiran data kepegawaian. Para pengunjung stand mengaku, setelah melihat data pegawai dari HP-nya, diketahui bahwa ternyata data pegawai yang ada di SIMKARI masih belum update bahkan terdapat kesalahan. Sehingga para pengunjung banyak meminta petugas stand Biropeg untuk dapat meng-update data kepegawaiannya, seperti foto maupun riwayat jabatan dan pendidikan.

Selain akses data pegawai, pada stand pameran Biropeg juga diberikan informasi mengenai penggunaan email resmi Kejaksaan dengan domain @kejaksaan.go.id. Kebanyakan dari pengunjung merasa terbantu dengan adanya email tersebut, dikarenakan dalam era digital saat ini, penggunaan email menjadi salah satu kebutuhan utama dalam berkomunikasi. Bahkan ada pengunjung yang mengaku merasa bangga dengan memiliki email dengan domain Kejaksaan, karena apabila ada forum yang melibatkan instansi lain, maka saat bertukar alamat email, pegawai Kejaksaan telah memiliki domain email resmi sendiri. Selain itu, para pengunjung stand juga merasa senang karena adanya souvenir berupa kalender yang diberikan kepada seluruh pengunjung stand. Tidak heran, selama 3 hari pameran, stand Biropeg dikunjungi oleh lebih dari 200 orang.

Apresiasi juga diberikan oleh Jaksa Agung beserta Wakil Jaksa Agung saat mengunjungi stand pameran. Dalam kunjungan tersebut, Wakil Jaksa Agung dengan luwes meminta petugas stand untuk membuka data kepegawaian miliknya, karena ingin melihat apakah data kepegawaiannya telah lengkap atau belum. Pada kesempatan lain, Jaksa Agung juga meminta kepada petugas stand untuk melihat data kepegawaian salah satu pegawai, yang mana dalam kesempatan tersebut, petugas stand menunjukkan inovasi lainnya yakni Dashboard Pimpinan, yang memungkinkan pimpinan Kejaksaan mengetahui secara detail data kepegawaian seseorang, dari mulai data pribadi, riwayat jabatan hingga lamanya jabatan yang diemban.

Dari beberapa hal tersebut, pada kesempatan terpisah Masyhudi, SH. MH. selaku Kepala Biro Kepegawaian menyampaikan bahwa perubahan yang dilakukan oleh Biro Kepegawaian bukanlah seremonial sifatnya, namun merupakan cikal bakal yang ingin terus dikembangkan oleh Biro Kepegawaian. Akses data kepegawaian pada seluruh Pegawai di Kejaksaan, diharapkan mampu meningkatkan kepedulian pegawai pada datanya masing-masing. Sehingga pada gilirannya nanti, kebijakan kepegawaian akan berbasis pada data yang benar dan valid.

 


TAG

Tinggalkan Komentar