Pers Release – Penguatan Zona Integritas Pada Biro Kepegawaian

Langkah strategis terus dilakukan oleh Biro Kepegawaian dalam berupaya membenahi pelaksanaan tugas dan fungsinya selaku pengelola kepegawaian di Kejaksaan RI. Hal tersebut tercermin dalam acara Penguatan Zona Integritas menuju WBK-WBBM di Lingkungan Biro Kepegawaian yang dilakukan oleh Biro Kepegawaian pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2019.

Disiarkan secara live melalui teleconference ke seluruh Kejaksaan Tinggi di Indonesia, acara tersebut cukup menyita perhatian ASN dari seluruh satuan kerja di Kejaksaan Agung maupun di daerah. Hal tersebut cukup beralasan dengan mengingat kinerja Biro Kepegawaian dirasakan langsung oleh seluruh ASN di Kejaksaan yang berjumlah lebih dari 22.000 orang.

Terlebih lagi dalam acara tersebut, selain penandatanganan komitmen bersama pejabat struktural di Lingkungan Biro Kepegawaian, maka dalam acara tersebut juga diadakan diskusi panel dengan tema “Pola Karier Ideal bagi ASN Kejaksaan”, dengan narasumber yakni Drs. Haryomo Dwi Putranto (Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian pada Badan Kepegawaian Negara) dan Sdr. Hadiyanto (Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan RI).

Acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB tersebut, dibuka oleh Dr. Arminsyah selaku Wakil Jaksa Agung RI dengan ditandai pemukulan gong yang disaksikan oleh Plt. Jambin. Dalam acara tersebut juga ditayangkan beberapa video yang berisi gambaran langkah dan strategi pelaksanaan Zona Integritas dari Biro Kepegawaian. Dalam sambutannya Wakil Jaksa Agung menyatakan kebanggannya terhadap keberanian dari Biro Kepegawaian mencanangkan diri sebagai unit kerja bebas korupsi. Sedangkan Ketua Pelaksana Pembangunan Zona Integirtas sekaligus Kepala Biro Kepegawaian, Dr. Masyhudi mengawali sambutannya dengan dengan mengutip pesan dari Jaksa Agung yakni “ bekerja dengan baik, secara jujur, secara ikhlas, tangguh, tahan terhadap godaan dan hindari perbuatan tercela yang nantinya akan merusak citra kita sendiri” dikatakan bahwa SDM idaeal tersebut merupakan modal agar Kejaksaan lebih dibutuhkan, dicintai dan dibela oleh masyarakat. Selain itu pula Kepala Biro Kepegawaian menyampaikan bahwa telah dilakukannya redesign pada website biropeg.kejaksaan.go.id dan menyampaikan kepada seluruh pegawai Kejaksaan Republik Indonesia bahwa para pegawai diharapkan dapat menggunakan e-mail dengan domain @kejaksaan.go.id yang telah disediakan untuk para pegawai kejaksaan hasil kerjasama dengan Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi Kejaksaan Agung. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris, Biro Kepegawaian memperkanalkan aplikasi belajar bahasa Inggris online karya anak bangsa yang telah bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) yang dimana nantinya setiap pegawai Di akhir kelulusannya akan mendapatkan sertifikat dari Universitas Indonesia.

Setelah acara dibuka, Diskusi Panel dimulai dengan Dr. Masyhudi selaku moderator memimpin jalannya acara, Bapak Hadiyanto mendapat giliran pertama dalam memberikan materi mengenai pola karier yang berlaku di Kementerian Keuangan. Bapak Hadiyanto selaku Sekretaris Jenderal di Kementerian Keuangan yang merupakan luusan Harvard University California US tersebut membeberkan strategi penguatan SDM di Kemenkeu secara komprehensif, dilanjutkan Drs. Haryomo memaparkan strategi pola karier dalam lingkup nasional. Atas materi tersebut, beberapa peserta mengaku tertarik dan berharap agar acara ini semakin memperkuat komitmen Biro Kepegawaian dalam memberikan pelayanan kepegawaian dengan bersih. Selain itu, gambaran pola karier yang dipaparkan oleh narasumber juga dapat memberikan inspirasi dalam penyusunan pola karier ideal bagi ASN Kejaksaan.