Tahapan Reformasi Birokrasi

 

PENDEK

  • Terbentuknya Tim Pelaksana Pembangunan Zona Integritas;
  • Tersusunnya Buku Pedoman pembangunan Zona Integritas di Biro Kepegawaian;
  • Pencanangan Zona Integritas dan Penandatanganan Komitmen Bersama, Pakta Integritas seluruh pegawai di Biro Kepegawaian;
  • Sosialisasi program Reformasi Birokrasi Biro Kepegawaian kepada seluruh pegawai melalui pemasangan reklame, papan peringatan, banner, bingkai kata-kata bijak, dan kegiatan doa bersama setiap dua minggu sekali yang diikuti seluruh Pegawai pada Biro Kepegawaian untuk menunjukkan pembangunan zona integritas
    di Wilayah Biro Kepegawaian;
  • Penunjukkan satu pegawai sebagai agen perubahan dari Kepala Biro Kepegawaian;
  • Tersedianya sarana public campaign yaitu website, tv informasi, media sosial, untuk menunjang kinerja biro Kepegawaian;
  • Penyediaan fasilitas untuk menuju database kepegawaian yang valid (terbentuknya tim pengelolaan data kepegawaian, aplikasi chat kepegawaian untuk menunjang updating data, database yang dapat diakses oleh masing-masing pegawai;
  • Penyempurnaan SOP pada bagian umum dan bagian kepangkatan dan mutasi pada Biro Kepegawaian;
  • Penggunaan aplikasi dashboard pimpinan sebagai sarana pendukung dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan;
  • Pembetukan e-office dan uji coba penggunaan sampai level kepala bagian sebagai sarana mempermudah kegiatan tata persuratan;
  • Digitalisasi arsip kepegawaian terhadap dosir pegawai seluruh Indonesia yang tersedia pada ruang arsip biro kepegawaian Kejaksaan RI;
  • Ketersediaan perencanaan kebutuhan pegawai di Kejaksaan RI;
    Pembahasan rencana penyusunan pola mutasi dan rencana perubahan PERJA-049/A/JA/12/2011 tentang pembinaan karir pegawai Kejaksaan RI;
  • Pembahasan rencana penyusunan pengembangan pegawai berbasis kompetensi dan rencana perubahan PERJA-049/A/JA/12/2011 tentang pembinaan karir pegawai Kejaksaan RI;
  • Rencana pelaksanaan diklat bagi pegawai biro kepegawaian untuk peningkatan SDM;
  • Penyediaan kotak pengaduan dalam upaya penguatan sistem pengendalian intern;
  • Ketersediaan renstra, renja, perjanjian kinerja dan laporan kinerja.

MENENGAH

  • Sosialisasi program Reformasi Birokrasi Biro Kepegawaian kepada seluruh pegawai melalui rapat-rapat, doa bersama satu minggu sekali, dan pimpinan sebagai role model untuk pembangunan zona integritas di Wilayah Biro Kepegawaian;
  • Penunjukan empat orang pegawai dari masing-masing bagian pada biro kepegawaian sebagai agen perubahan;
  • Bertambahnya sarana public campaign yaitu channel youtube;
  • Penyediaan fasilitas untuk menuju database kepegawaian yang valid (sistem aplikasi kepegawaian up to date);
  • Penyempurnaan SOP pada seluruh bagian pada Biro Kepegawaian;
    Penyempurnaan aplikasi dashboard pimpinan beserta buku panduannya;
  • Penyempurnaan e-office sebagai sarana mempermudah kegiatan tata persuratan dan uji coba penggunaan pada level kasubbag;
    Digitalisasi dan penataan kembali arsip kepegawaian yang tersistem;
  • Pembahasan penyusunan pola mutasi dan rencana perubahan PERJA-049/A/JA/12/2011 tentang pembinaan karir pegawai Kejaksaan RI; Pembahasan penyusunan pengembangan pegawai berbasis kompetensi dan rencana perubahan PERJA-049/A/JA/12/2011 tentang pembinaan karir pegawai Kejaksaan RI;
  • Pelaksanaan diklat bagi pegawai biro kepegawaian untuk peningkatan SDM;
  • Inovasi atas tatacara pemberian dan penerimaan laporan pengaduan dan tindak lanjutnya;
  • Monitoring dan evaluasi atas laporan kinerja dan realisasi anggaran;

PANJANG

  • Program Reformasi Birokrasi Biro Kepegawaian telah terinternalisasi pada seluruh pegawai sehingga terlihat pada perubahan sikap mental pegawaiah Biro Kepegawaian;
  • Penunjukan delapan orang pegawai dengan rincian empat orang pegawai dan empat orang pejabat struktural dari masing-masing bagian pada biro kepegawaian sebagai agen perubahan;
  • Database kepegawaian yang valid (sistem aplikasi kepegawaian yang berbasis bisnis proses sehingga tidak memerlukan entry data secara manual);
  • Pengesahan SOP Biro Kepegawaian;
    Pemeliharaan dan penyempurnaan aplikasi dashboard pimpinan;
    Penyempurnaan dan penggunaan e-office oleh seluruh level dibiro kepegawaian;
  • Ketersediaan sistem kearsipan (dosir elektronik) untuk seluruh pegawai kejaksaan;
  • Pengajuan konsep pola mutasi dan perubahan PERJA-049/A/JA/12/2011 tentang pembinaan karir pegawai Kejaksaan RI untuk dibahas dengan biro hukum, selanjutnya diajukan kepada Jaksa Agung;
  • Pengajuan konsep pengembangan pegawai berbasis kompetensi dan perubahan PERJA-049/A/JA/12/2011 tentang pembinaan karir pegawai Kejaksaan RI untuk dibahas dengan biro hukum, selanjutnya diajukan kepada Jaksa Agung;
  • Pelaksanaan diklat bagi pegawai biro kepegawaian untuk peningkatan SDM secara berkesinambungan;
  • Keterbukaan informasi kinerja pada website dan Terbangunnya mekanisme kerja di Biro Kepegawaian yang transparan dan akuntabel;
  • Ketersediaan layanan satu pintu;
  • Terbangunnya budaya kerja prima di lingkungan Biro Kepegawaian;
  • Mampu menyelenggarakan survei internal terhadap layanan kepegawaian.